Pengertian Hacker berdasarkan zaman

Pengertian Hacker berdasarkan zaman

Kata "Hacker" mempunyai sejarah yang unik, kata Hacker bahkan pernah diartikan dengan positif, bahkan pernah terjadi perang hacker diseluruh dunia, korbanpun berjatuhan, mau tau seperti apa sejarah Hacker? silahkan baca postingan saya dibawah ini.

Awal tahun 1960

Pada tahun ini komputer masih dalam ukuran raksasa, tersimpan pada ruangan tertutup berpendingin dan hanya lembaga-lembaga milik negara saja yang memilikinya.Pada era 60-an pengertian Hacker sangat positif, orang yang disebut Hacker adalah orang yang mempunyai kemampuan programing yang tinggi dan bisa menghack sebuah program supaya bisa berjalan lebih dari spesifikasi yang dimilikinya. Salah satu program karya Hacker era 60-an yang masih disegani hingga saat ini adalah Sistem operasi UNIX. Duo yang membidani OS ini adalah Dennis Ritchie dan Ken Thompson.

Awal tahun 1970.

Pada tahun ini terkenal dengan istilah phreaks, yaitu Hacker yang bisa menerobos saluran telepon untuk mendapatkan akses melepon jarak jauh secara gratis. Dimulai oleh John Drapper, ia menemukan bahwa peluit hadiah makanan sereal Cap’n Crunch dapat menghasilkan nada tepat 2600 megahertz.Hanya dengan meniupkan peluit ini pada receiver telepon maka akses telepon jarak jauh pada jaringan komunikasi AT&T akan terbuka. Steve Jobs dan Steve Wozniak membuat perlengkapan menghack telepon yang dinamai dengan “Blue boxes”. Dua orang ini nantinya adalah pendiri Apple Inc.

Tahun 1980-1991.

IBM meluncurkan komputer “stand-alone” lengkap dengan CPU,memory dan software pada tahun 1981. Tahun 1983 muncul film yang mengungkap kehidupan hacker yang berjudul War Games.Film ini menunjukan kepada masyarakat Amerika akan bahaya hacker yang dapat menerobos semua sistem komputer.Selama periode ini, jaringan milik departemen pertahanan Amerika ARPANET lambat laun mulai berubah menjadi Internet. Pada era ini lahir Dua grup hacker besar, yaitu Legion of Doom yang bertempat di Amerika dan Chaos Computer Club di Jerman. Pada era ini juga terjadi perang Hacker yang hebat, kedua grup tersebut saling berlomba untuk merusak semua sistem komputer, internet dan telepon.

Tahun 1986-1994.

Karena semakin meningkatnya serangan-serangan para hacker maka pada tahun 1986 kongres Amerika mengeluarkan Undang-undang mengenai kejahatan komputer.Pada era ini dibentuk Computer Emergency Response Team (CERT) yang menyelidiki serangan-serangan lewat internet. Orang yang menjadi korban pertama karena melanggar undang-undang mengenai kejahatan komputer adalah Robert Morris, ia mengaku tidak sengaja melepaskan worm ke internet. Worm hasil pekerjaan tanggan Robert Morris telah melumpuhkan 6000 komputer. Sebagai hukumannya ia dituntut 10.000 USD. Pada tahun yang sama terdapat seorang hacker lain bernama Kevin Mitnick yang menerobos jaringan milik perusahaan Digital Equipment Company dan mencuri beberapa software. Ia dihukum 1 tahun penjara. setelah lepas dari hukumannya Kevin Mitnick tidak juga jera, ia mengulangi perbuatannnya dengan mencuri 20.000 data kartu kredit dan berhasil ditangkap pada tahun 1995 karena bantuan seorang hacker bernama Tsutomu Shimomura.Operasi Sundevil yang di luncurkan oleh pemerintah Amerika tidak berhasil menggulung grup hacker Legion of Doom, namun mereka berhasil menangkap beberapa anggota grup hacker Master of Deception.

Tahun 1994-1998.

Tahun 1994 seorang hacker Rusia bernama Vladimir Levin berhasil membobol komputer milik Citibank dan melakukan transfer uang dari account pelanggan yang mencapai total 10 juta USD. Citibank berhasil mengumpulkan kembali sebagian besar uang tersebut.Pada era ini hacker semakin berani dalam melakukan serangannya.Situs pemerintah Amerika seperti departemen kehakiman, angkatan udara, CIA, NASA dll pernah menjadi korban.Para hacker mengumumkan bahwa mereka berhasil menerobos masuk kedalam jaringan komputer Pentagon dan mengancam akan menjual software satelit militer yang telah dicuri kepada teroris.

Tahun 1999 sampai sekarang

Pada tahun 2000 peristiwa kerusakan komputer massal pada tahun 2000 pukul 00.00 atau lebih dikenal sebagai Y2K semakin besar pula. Pada bulan Febuari tahun 2000 masyarakat internet dikejutkan dengan terjadinya serangan “denial of service” (DoS) terhadap beberapa situs seperti CNN, Yahoo dan E-Bay. DoS adalah serangan seorang hacker yang membuat seolah-olah jutaan surfer mengakses secara bersamaan suatu situs. Server yang “kebingungan” melayani jutaan surfer fiktif ini akan kolaps alias crash. Pada tahun yang sama tepatnya bulan Mei muncul virus I Love You yang turut menandai dimulainya era Worm.
Diposkan oleh Anhar Tasman di 05.44 3 komentar:
Label: hacker, internet, perang hacker, perang internet, tahun hacker, worm
Minggu, 01 Februari 2009
Lowongan kerja tersebar luas di internet
Krisis ekonomi yang melanda nergeri kita ini membuat jutaan orang mendapatkan PHK, kirisi ekonomi ini disebabkan oleh banyak hal, beberapa hal yang saya tahu mengapa bangsa ini krisis ekonomi adalah banyaknya orang dari segala golongan melakukan korupsi, pemimpin kurang bijak, suara rakyat kurang diperhatikan dan para pejabat lebih mementingkan dirinya sendiri dari pada rakyat yang membuat dia bisa berada ditempat yang penuh kewibawaan. Untuk itu kita perlu mencari sumber pemasukan uang selain dari pekerjaan tetap kita sekarang, salah satunya adalah dengan berkerja di internet, pada postingan ini saya akan memberikan informasi lowongan kerja di internet yang dibuat oleh orang orang Indonesia, untuk melamarnya tidak memerlukan ijazah. Saya berharap artikel ini bisa membantu meringankan beban saudara saudara kita yang terkena PHK dan pengangguran. lowongan perkerjaan tersebut adalah sebagai berikut

1. Bisinis periklanan dengan metode PPC(Pay Per Click)

Di dalam bisnis ini kita adalah seorang blogger atau webmaster yang memasang iklan pada blog atau situs yang kita punya, kita akan mendapat bayaran jika ada pengunjung blog/situs kita yang mengklik iklan yang kita pasang. Untuk memulai bisnis ini Anda bisa mengunjungi situs periklanan, di Indonesia juga ada situs yang membuka lowongan bisnis periklanan dengan metode PPC. beberapa yang saya ketahui adalah

1. adsensecamp.com

2. adreview.com

3. kliksaya.com

4. paneniklan.com

5. adspeedy.com

6. kumpulbloger.com

7. ppcindo.com

2. Bisnis periklanan dengan metode CPM(Cost Per Million)

Didalam bisnis ini kita juga seorang blogger atau webmaster yang memasang iklan pada blog atau situs yang kita punya, kita mendapatkan uang berdasarkan banyaknya pengunjung yang datang, saya menyebutnya dengan bisnis pasif income(penghasilan tak terbatas), karena Anda hanya perlu membuat blog/situs Anda ramai pengunjungnya dan Anda bisa menikmati dana yang terus mengalir ke rekening. Situs Indonesia yang membuka lowongan kerja seperti ini adalah adspeedy.com

3. Bisnis periklanan dengan metode cost per review

Didalam bisnis ini kita adalah seorang blogger atau webmaster yang akan dibayar jika kita menuliskan diskripsi tentang situs atau produk sang pemasang iklan didalam blog/situs kita, situs Indonesia yang mempunyai lowongan sepeti ini adalah reviewmu.com

4. Bisnis periklanan dengan metode CPC(Cost Per Click)

Untuk memulai bisnis ini Anda tidak membutuhkan blog atau situs, karena kita akan dibayar jika kita mengklik iklan, sangat mudah sekali kan! kita mengklik iklan sang pemasang iklan dan kita dibayar, tetapi jangan harap Anda bisa membeli mobil jika melakukan bisnis ini, karena yang kita kerjakan hanyalah mengklik iklan, dimana-mana yang namanya cari duitkan gak gampang! untuk membuktikan kebenarannya silahkan kunjungi dan daftarkan diri Anda kesitus Indonesia yang mempunyai bisnis periklanan dengan metode ini, salah satunya adalah klikrupiah.com. Tetapi jika Anda mengerti benar cara menjalankan bisnis ini maka tidak mustahil Anda bisa mendapatkan banyak uang perharinya hanya dengan mengklik iklan.

5. Menjual produk orang lain(Afiliasi)

Jika Anda ingin berdagang di internet tetapi tidak punya barang yang ingin dijual maka Anda bisa menjual produk orang lain, Anda mendapatkan uang jika ada pengunjung yang membeli produk orang lain yang ditawarkan di situs Anda. Bisnis ini mempunyai peluang yang besar dengan resiko yang rendah

6. Menjual domain

Jika Anda mempunyai domain atau webhosting yang tidak terpakai maka Anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggai dari harga yang Anda bayar

7. Bisnis MLM

8. Menjual jasa

Anda bisa menjual jasa seperti jasa web desaigner, baby sister, sopir, montir dan lain sebagainya

Bisnis nomor 1 sampai nomor 5 adalah bisnis yang menggunakan sedikit modal dan bisa menghasilkan uang yang rumayan, sedangkan bisnis 6 sampai 8 hanya cocok bagi Anda yang sudah senior dalam menjalankan bisnis online

Apapun bentuk bisnisnya kita tidak boleh meremehkan bisnis tersebut jika kita bergabung di dalamnya, jika Anda sudah bergabung dalam suatu bisnis maka perlakukanlah bisnis tersebut dengan profesional, karena kita tidak bisa menjadi orang yang hebat jika tidak profesional
Diposkan oleh Anhar Tasman di 05.30 Tidak ada komentar:
Label: bisnis, internet, lowongan kerja, peluang bisnis
Sabtu, 31 Januari 2009
Merakit Komputer Sendiri

MANFAAT komputer saat ini cukup beragam mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan program-program penyelesaian problem-problem ilmiah, industri dan bisnis.

Bisakah kita merakit komputer sendiri? Jawabnya bisa. Untuk dapat melakukannya, pertama kita harus dapat mengerti keterangan berbahasa Inggris yang tertulis dalam manual peralatan elektronik komputer maupun program-program komputernya, bila perlu siapkan kamus bahasa Inggris. Bahasa Inggris yang dipergunakan dalam hal ini cukup sederhana dan mudah dimengerti, hanya dengan mengenal sedikit tata bahasa Inggris anda dapat memahami maksud manual pabrik maupun program sistem operasi dan sistem aplikasinya.

Dalam perakitan komputer, tangan kita tidak boleh basah (berkeringat) dan tidak boleh memegang bagian tengah chip IC termasuk processor dan memory. Keringat dapat menyebabkan kortsluit rangkaian elektronik motherboard saat kita menyalakannya. Pegangan tangan pada bagian tengah chip IC dapat merusak isinya karena tangan mengandung listrik statik. Bila perlu tangan mengenakan gelang yang terbuat dari logam kabel (kabel yang telah dikelupas kulitnya) dan terhubung dengan lantai atau tanah (grounding), agar listrik dari tangan anda tidak merusak chip IC tetapi diteruskan ke tanah.

Untuk membangun sebuah personal computer (PC) diperlukan peralatan-peralatan elektronik paling sedikit sebagai berikut:

1. Layar monitor, berbentuk seperti televisi karena memiliki tabung kaca RGB. Ada pula layar monitor jenis LCD (liquid cristal display) yang hanya membutuhkan listrik sedikit. Kita dapat memilih salah satu jenis VGA, SVGA ataupun LCD (jenis-jenis ini yang banyak dijadikan kelengkapan standar pada sebuah personal computer saat ini).

2. Motherboard (mainboard) dapat dipilih dari jenis motherboard yang mampu mengendalikan processor AT 486 ataupun processor dari berbagai jenis Pentium.

3. Memori RAM (random access memory), dapat dipilih yang sesuai dengan jenis yang cocok dengan motherboad yang kita miliki. Ada beberapa jenis RAM dan kita bisa menanyakan ke toko jenis RAM yang cocok dengan motherboard yang akan dibeli. Jenis RAM antara lain EDO RAM, SIM RAM, SDRAM dengan kapasitas yang bervariasi muai dari 4 Mbyte, 8 Mbyte, 16 Mbyte per buahnya.

4. Flopy drive dan kabelnya. Kita dapat memilih yang standar dan umum terpasang di PC yang ada saat ini yaitu jenis flopy drive 3,5 inci dengan kapasitas 1,4 Mbyte.

5. Hardisk berikut kabelnya. Kita dapat memilih jenis hardisk sesuai dengan kebutuhan mulai dari kapasitas 1 Gbyte, 2,3 Gbyte s/d 10 Gbyte. Hardisk ada dua jenis yaitu jenis SCSI dan jenis IDE. Jenis SCSI biasanya dipergunakan di dalam sebuah komputer server. Tetapi perkembangan teknologi IDE saat ini memungkinkan hardisk jenis IDE dipakai dalam sebuah server.

6. I/O card bila dibutuhkan. Beberapa jenis motherboard produk terakhir telah memiliki slot yang berfungsi sebagai I/O slot, dalam hal ini kita tidak perlu lagi membeli I/O card.

7. Keyboard, dapat dipilih keyboard yang sesuai dengan selera kita.

8. Mouse, dapat dipilih sesuai kebutuhan.

9. Perangkat lain yang dapat kita tambahkan adalah CD ROM drive, souncard & speaker system, modem internal, video card ataupun tuner TV dan radio.

10. Disket atau CD ROM yang berisi software sistem operasi dan software aplikasi. Software sistem operasi yang umum dipergunakan adalah DOS, Windows 95, dan Windows 98.

Peralatan yang dibutuhkan sebagai berikut: obeng, tang, AVO meter (bila ada), solder, timah solder, isolasi, tali pengikat kabel dan buku catatan.

Langkah-langkah Perakitan

Untuk merakit personal computer kita dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Ambil motherboard dan aturlah posisi konektor jumper, sesuai dengan yang tertulis dalam manual dari pabriknya. Cabutlah konektor plastik jumper penghubung antar pin yang ada pada motherboard pindahkan pada posisi lain yang menghubungkan sebuah kaki pin dengan kaki pin lainnya sesuai dengan anjuran yang tertulis dalam buku manual motherboard. Biasanya pabrik menyebutkan posisi jumper tertentu sesuai dengan jenis processor yang akan dipergunakan. Perhatikan baik-baik agar kita bisa mencapai hasil yang baik.

Aturlah konektor jumper sesuai dengan kebutuhan kita dengan mengikuti buku petunjuk (manual) dari pabriknya. Sesuaikan posisi jumper tersebut dengan jenis processor yang akan anda pasang. Penyetelan posisi jumper memungkinkan motherboard memberikan listrik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan listrik processor yang dipasang. Apabila salah akan berakibat processor rusak.

2. Pasanglah processor pada tempatnya (soketnya) perhatikan tanda pada processor harus ditempatkan sesuai dengan tanda yang ada pada soket tersebut (tidak boleh terbalik). Kuncilah tangkai pengunci yang biasanya terdapat di sisi soket processor. Perhatikan kode titik atau sisi processor dengan bentuk miring merupakan petunjuk agar bagian processor itu dipasang pada bagian slot yang memiliki tanda sama.

3. Pasanglah memori RAM pada tempatnya dengan baik, perhatikan sudut memori yang biasanya berlekuk harus ditempatkan pada tempatnya secara hati-hati. Apabila kita terbalik memasangnya, maka memori akan sulit dimasukkan.

4. Masukan motherboard ke dalam cashing (kotak komputer), kaitkanlah pengait plastik yang biasa disediakan oleh pabrik cashing ke dalam lubang yang terdapat pada motherboard. Pada sudut yang memungkinkan kita tempatkan baut. Bautlah motherboard tersebut pada cashing untuk menghindari terjadinya pergeseran motherboard pada waktu anda memindah-mindahkan CPU nantinya. Sebaiknya hati-hati memasang motherboard pada cashing karena bentuknya tipis kecil dan memiliki rangkaian elektronik yang rumit.

5. Pasanglah kabel khusus catu daya motherboard yang ada pada power suply (biasanya dituliskan P8 dan P9), kabel berwarna hitam dari kedua konektornya harus dipasang berdampingan. Apabila anda mempergunakan jenis motherboard jenis ATX, pasanglah kabel power khusus tersebut pada slot power khusus ATX yang terdapat pada motherboard tersebut.

6. Pasanglah hardisk, floppy drive pada tempat yang telah tersedia dalam cashing CPU, kencangkan dudukannya dengan baut secara hati-hati. Bila ada CD ROM drive, pasangkan pula alat ini secara hati-hati dan dikencangkan dengan baut.

7. Sambungkan kabel dari power suply ke slot power yang terdapat di hardisk, flopy drive dan CD ROM drive. Perhatikan sudut konektor plastiknya pada kabel tersebut biasanya sudah dirancang pas sesuai dengan dudukan yang terdapat pada hardisk, flopy drive atau CD ROM drive. Bila kita memasang konektor ini terbalik, maka pada saat kita memasukkan konektor tersebut akan terasa sedikit sulit. Segeralah cabut konektornya dan masukkan kembali pada posisi yang tepat.

8. Sambungkan kabel pita (kabel data) pada dudukan hardisk, flopy drive dan CD ROM drive. Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan peralatan tersebut ke motherboard. Perhatikan sisi kabel berwarna merah harus ditempatkan pada kaki nomor satu (lihat keterangan yang dituliskan pada hardisk atau flopy drive ataupun CD ROM drive). Bila terbalik memasangnya komputer tidak akan bekerja baik dan dapat merusakan peralatan-peralatan tersebut. Kabel yang terpasang ke flopy drive lebih sempit bila dibandingkan kabel penghubung hardisk ataupun CD ROM drive. Kabel penghubung hardisk dan CD ROM drive sama ukurannya.

9. Sambungkan kabel dari flopy drive ke slot untuk flopy drive, demikian pula sambungkan kabel dari hardisk ke slot IDE nomor 1, dan kabel dari CD ROM ke slot IDE nomor 2. Perhatikan juga agar sisi kabel berwarna merah harus menempati kaki nomor satu pada tiap slot. Kita bisa melihat keterangan yang tertulis di motherboard ataupun di manual motherboard.

10. Pasanglah card VGA pada slotnya. Bila kita memiliki card dari jenis ISA, harus menempatkan card tersebut pada ISA slot bus di motherboard. Bila kita memiliki card VGA jenis PCI, kita harus pasangkan card tersebut pada slot bus PCI di motherboard.

11. Hubungkan konektor kabel penghubung tombol "Reset" ke pin "Reset" yang terdapat padaa motherboard. Hubungkan pula konektor kabel penghubung speaker ke pin bertuliskan speaker yang ada pada motherboard. Sering ditulis dengan kode LS. Beberapa cashing telah dilengkapi pula kabel lampu indikator berikut kabel penghubungnya lengkap dengan konektornya agar perakit komputer tinggal menghubungkan ke motherboard.

12. Pasanglah kabel data dari monitor ke slot yang terdapat di card VGA, perhatikan konektornya memiliki tiga deretan kaki yang tersusun rapi, dengan konektor berbentuk trapesium.

13. Pasangkan konektor keyboard ke slot keyboard yang terdapat di motherboard.

14. Pasangkan kabel listrik dari layar monitor ke slot power yang terdapat di bagian belakang power suply yang telah terpasang pada cashing CPU. Bila konektornya tidak cocok, kita dapat memasang kabel listrik tersebut ke jala-jala listrik rumah. Kita akan membutuhkan T konektor untuk membagi listrik ke monitor dan CPU yang dirakit. Pasangkan kabel listrik untuk CPU ke slot yang terdapat pada power suply di bagian belakang cashing CPU. Selamat mencoba.
Diposkan oleh Anhar Tasman di 07.37 Tidak ada komentar:
Komputer kuantum

Komputer kuantum adalah alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum, misalnya superposisi dan keterkaitan, untuk melakukan operasi data. Dalam komputasi klasik, jumlah data dihitung dengan bit; dalam komputer kuantum, hal ini dilakukan dengan qubit. Teknologi ini adalah salah satu hasil dari "applied Physic"(fisika terapan).

Perkembangan komputer melaju dengan pesatnya. Gordan Moore, salah satu pendiri Intel bahkan mengatakan, kemampuan prosesor komputer (jumlah transistor dan kecepatannya) akan bertambah dua kali lipat setiap 18 bulan. Hal ini telah berlangsung selama hampir empat dasawarsa. Jika hal ini terus berlanjut, diperkirakan ukuran transistor pada tahun 2030 akan menjadi hanya sebesar atom hidrogen. Dengan ukuran sekecil ini, proses fisika dalam sebuah transistor tidak akan mengikuti hukum-hukum fisika klasik, namun mengikuti hukum fisika kuantum. Hal ini membuka cara baru dalam memandang proses pengolahan informasi sekaligus menciptakan harapan untuk menciptakan sebuah komputer yang kemampuannya melebihi kemampuan yang dapat dicapai komputer sekarang ini.
Jika dikatakan, komputer kuantum hanya butuh waktu 20 menit untuk mengerjakan sebuah proses yang butuh waktu 1025 tahun pada komputer saat ini, kita tentu akan tercengang. Hal inilah yang membuat para ilmuwan begitu tertarik untuk mengembangkan kemungkinan terbentuknya komputer kuantum. Meskipun hingga saat ini belum tercipta sebuah komputer kuantum yang dibayangkan oleh para ilmuwan, kemajuan ke arah sanalima tahun ke depan. Setidaknya, begitulah yang dikatakan oleh Raymond Laflamme, ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat. terus berlangsung. Bahkan yang menarik, ternyata perkembangan komputer kuantum juga mengikuti apa yang dikatakan oleh Gordan Moore di atas. Jika hal ini benar, para ilmuwan akan dapat membangun sebuah komputer kuantum hanya dalam waktu lima tahun ke depan. Setidaknya, begitulah yang dikatakan oleh Raymond Laflamme, ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat.

Sumber : http://fpmipa.upi.edu/v2/index.php?option=com_content&task=view&id=64&Itemid=31
Diposkan oleh Anhar Tasman di 07.37 Tidak ada komentar:
Sejarah perkembangan komputer
Komputer yang kita jumpai saat ini sebenarnya merupakan perkembangan dan peyempurnaan dari komputer2 generasi sebelumnya, perhitungan secara otomatis dilakukan dan diminta pada tahun 1812 oleh seorang ahli matematika bangsa Inggris, auries babbage. Salah satu mesin yang diciptakan adalah Diference Engine, yang merupakan Cikal bakal meisn komputer yang dikenal saat ini, mesin tersebut digunakan untuk perhitungan tabel2 matematika.

Generasi pertama(1945-1959)
dirancang oleh prof Dr John watcly dan prospek Ecker komputer tersebut adalah ENIAC(Elektronic numenal an calculator)
diangkat dari piranti elektronika tabung hampa udara(Vacum tube) dengan segal kekurangannya yaitu secara fisik berukuran besar tetapi sangat lambat dalam mengolah data, diproduksi oleh IBNI Burrugis, RCA dan hengwell

Generasi kedua(1959-1965)
Diawali dengan ditemukannya transistor berukuran kecil sebagai pengganti vacuum tube dgn kapasitas jauh lebih besar meski secara fisik berukuran kecil, komputer jenis ini adalah IBM seri 1400, 7070, 1600, horewell dan UNIVAC

Generasi ketiga(1965-1973)
Dengan kemajuan teknologi dibidang elektronika, para ahli telah mampu mengintregasikan sejumlah rangkaian transistor dalam bentuk chip yang kecil

Generasi keempat(1973-1978)
Para ahli mengingkatkan teknologi2 sejumlah rangkaian elektronik yang dapat diintregaikan dalm bentuk chip

Generasi kelima(1978-sekarang)
Komputer jaman sekarang lebih cepat berkembang seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi industri
Diposkan oleh Anhar Tasman di 07.36 Tidak ada komentar:
Mengoptimalkan settingan BIOS
Berikut beberapa cara untuk mengoptimalakan setingan BIOS(Basic Input Output System)

1. Setingan bios yang baik biasanya menggunakan Auto. Karena banyak produsen motherboard menyesuaikan seting CPU frequency yang sesuai dengan beban kerja PC

2. Quick Power on self Test pilih Enabled. Ini adalah proses pemeriksaan komponen-komponen PC. jika Anda memilih Disabled maka proses akan dilakukan lebih lama

3. Boot Virus Detection pilih Enabled, ini adalah proses untuk mendeteksi virus yang masuk kedalam komputer kita, tetapi tidak bisa menghapus virus tersebut

4. Pada bagian Internal dan External Chace pilih Enabled, ini berfungsi sebagai buffer data cepat antara CPU dengan RAM

5. Port Ide yang tidak terpakai pilih Disabled

6. AGP Aperture Size berguna untuk menentukan jumlah RAM yang dialokasikan untuk AGP, pilih setengah dari jumlah RAM yang dipasang dikomputer Anda.

7. Di bagian AGP Fast Write berfungsi untuk pengoperasian perangkat lunak dan game tiga dimensi, pilih Enabled

8. Boot Sequence berguna untuk menentukan urutan proses booting yang dilakukan. Agar cepat membooting pilihlah booting dari Hard disk

9. Boot Up Floopy Seek lebih baik disabled karena di jaman sekarang floopy drive sudah jarang digunakan

10. CPU speed adalah hasil kali antara clock dan multiplier, tidak banyak fungsinya


Berbagi tips:

1. Jangan takut mencoba setingan BIOS

2. Jika Anda melakukan kesalahan yang tidak terlalu fatal maka cukup dengan melepas baterai CMOS dan setelah itu memasangnya kembali

3. Agar setiap fungsi BIOS dapat berkerja optimal bacalah buku panduannya
Diposkan oleh Anhar Tasman di 07.36 Tidak ada komentar:
Pengertian VGA Card
VGA singkatan dari Video Graphics Accelerator, berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU(Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.
Jaman sekarang motherboard yang beredar dipasaran banayk yang menggunakan VGA onboard sehingga Anda tidak perlu membeli VGA card lagi, hal ini sangat membantu untuk menghemat biaya pengeluaran.
perbedaan antara VGA OB(On Board) dengan VGA yang terpisah dengan motherboard adalah sebagai berikut :
-VGA OB tidak memiliki memory sendiri sehingga VGA OB menggunakan sebagian kapasitas RAM yang ada di dalam komputer untuk berkerja, sehingga akan membuat kinerja RAM menjadi lambat, tapi sekarang beberapa produsen motherboard sudah meluncurkan motherboard dengan VGA OB dan memiliki memory sendiri.

-VGA OB mempunyai kinerja yang lebih rendah bila dibandingkan dengan VGA eksternal, tapi jika komputer Anda tidak terlalu digunakan untuk bermain game terutama game 3d yang terbaru yang membutuhkan kapasitas VGA yang lebih besar maka Anda masih bisa menganalkan VGA OB yang Anda miliki, sekarang banyak motherboard dengan VGA OB yang bisa menandingi bahkan mengungguli kinerja VGA eksternal

-VGA OB berbentuk lebih kecil dengan VGA eksternal, hal ini bertujuan untuk menghemat biaya pembuatannya, ukuran kecil ini biasa disebut dengan microATX(mATX) <div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<br /></div>

{ 0 comments ... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar