SEJARAH SEARCH ENGINE



Padamasa-masaawaldiperkenalkannya internet, saatitu search engine belumlahada.Bahkanpadamasaitu, internet tidaklahsemudah, secanggih, dan se-nyamansepertisaatini.Internet saatitutidaklebihdarisekumpulansitusFTP (File Transfer Protocol).Saatitu, internet tidaklebihdarisekedartempatuntukmendownloadataumengupload file.

Nah… kebayangga?Betapamelelahkannya, danbisamembuat orang jadifrustasi.Hanyauntukmenemukansatu file saja, seorang user harusrelamenghabiskanwaktudantenaga yang begitubanyak. Semuakendaladankesulitanini, akhirnyamembuatseorangmahasiswadariUniversitas McGill di Montreal akhirnyamemutuskanuntukmencaricara yang lebihmudah.

Dan akhirnya, padatahun 1990, Alan Emtagenamasimahasiswaitu, berhasilmembuatsebuah search tool pertama yang bisadigunakan di internet. Tool buatannyaitubekerjadengancaramengumpulkan, dankemudianmengindexnamasetiap file yangada di suatusitus. Data index inikemudiandisimpankedalamsebuah database.

Berkattoolnyainimaka, saatseorang user inginmengetahuiapakah file yang dicarinyaada di dalamsitus yang sedangdikunjunginya, user tersebuttidakperlulagimencarinyadengancaramenelusurisetiap folder ataumembacasetiapnama file yang ada. Diacukupmencarinyadidalam database yang telah di buatoleh Alan Emtagetadi.Cukupdenganmengetikkannama file yang ingindicari, maka user tersebutakantahuapakah file tersebutditemukan, atautidak.

Nah… kebayangtidak, betapamembantunya tool yang dibuatoleh Alan Emtageini.Tool inibernamaArchie.Apakah Archie sudahsamaseperti search engine yang adasaatini? Belum, Archie masihjauhdariapa yang saatinikitakenalsebagai search engine.

Padatahun 1991 Mark McCahilldari University of Minesotamengemukakanpemikirannya, katanya… jikakitabisamencarisebuah file di internet, berartikitajugapastibisamencari text tertentu di internet. Dalampemikirannya, kitabisamelakukanitudengancaramengindex text-text tertentu, danmenyimpanalamat file aslinyasebagaireferensi.

Karenasaatitubelumada program yang mampumelakukanhalitu, maka Mark McCahillkemudianmembuatnyasendiri.Diamenamakan program tersebutGopher, yang mengindex file-file text di internet, yang kemudianakhirnyamenjadi website pertama yang bisadiaksessecarabebas di internet.Dengandibuatnya Gopher ini, maka program lain pun dibutuhkan.

Program inidibutuhkanuntukmenemukan file yang direferensikanoleh index yang di buatoleh Gopher. TerciptalahVeronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives)danJughead (Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavation and Display).Dua program inidibuatdengantujuanuntukmencaridanmenemukan file yang direferensikanoleh index yang dibuat Gopher.

Veronica danJugheadbekerjadengancara yang sama, yaitumembuat user bisamencariinformasi yang terdapat di dalam index berdasarkan kata kunciatau keyword. Dari kedua program inilahasalmula search engine yang saatinikitakenal. Tentusajasetelahmelewatiberbagai proses pengembangandanperbaikan

Padatahun 1993, akhirnya the real search engine yang pertama kali berhasildibuat, search engine denganbentukseperti search engine yang kitakenalsaatini. Search engine inidikembangkanoleh Matthew Gray, dandiberinyanamaWandex. Wandexadalah program pertama yang berhasilmengerjakanduatugassekaligus, yaitumengindexdanjugamelakukanpencariankedalam index.

Teknologiiniadalah program pertama yang melakukan crawling, ataumerambah internet.

Dan akhirnyateknologiinimenjadi basis yang digunakanuntukmembuat program-program web crawling saatini.Dan semenjaksaatitu, berbagaiteknologi search engine mulaidikembangkanolehmasing-masing search engine.
Mulaitahun 1993 hingga 1998, beberapa search engine utama yang kitakenalsaatinimulaibermunculan, yaituitu:
•    Excite – 1993
•    Yahoo! – 1994
•    Web Crawler – 1994
•    Lycos – 1994
•    Infoseek – 1995
•    AltaVista – 1995
•    Inktomi – 1996
•    Ask Jeeves – 1997
•    Google – 1997
•    MSN Search – 1998
Saatini, search engine sudahsemakincanggih. Search engine sudahmenjadibagian yang tidakbisadipisahkandaridunia internet. Tidakmengherankanmemang, sebab search engine memberikanbanyakkemudahanbagipengguna internet.

{ 0 comments ... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar